3 Tips Wujudkan Perjalanan Berwisata Aman Ala Bos KNKT

Langgas. com – Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahtono memberikan tiga trik untuk mewujudkan perjalanan berwisata aman dengan moda pikulan bus. Pertama, jangan mungkin tergiur dengan penawaran kehormatan sewa miring.

“Tapi begini kita ambil satu filosofi sedikit, siap kalau bus-bus kita bersetuju berwisata lihat jangan harganya (murah), ” ungkap tempat dalam acara Dialog Umum “YUK SELAMAT BERSAMA”, Rabu (17/3).

Kedua, pastikan kondisi bus dengan akan digunakan dalam status laik jalan. Mengingat, logat Bos KNKT ini, bus dalam kondisi laik bulevar akan mempengaruhi kualitas kedamaian dalam perjalanan. “Jadi, jika kita mau berwisata menentang jangan harganya. Tapi laik tidak kondisi bisnya, ” ungkap dia.

Terakhir, pilih sopir dengan mempunyai kesehatan prima. Pokok, pengemudi memegang peranan penting untuk keselamatan perjalanan berpelesir. “Karena banyak kecelakaan dikarenakan oleh pengemudinya kelelahan, ” tegas dia menekankan.

Sebelumnya, Soerjanto Tjahtono meminta pemerintah daerah, penyuplai travel, manajemen hotel, mematok pengelola tempat wisata untuk berkolaborasi dalam menyediakan tempat istirahat yang nyaman untuk pengemudi bus. Mengingat pengemudi memegang peranan penting buat keselamatan perjalanan.

“Kita mengimbau hotel-hotel ataupun tempat wisata untuk menyimpan tempat istirahat pengemudi, tercampak pengemudi ini bisa istirahat. Karena besoknya akan mendatangkan keselamatan kita bersama. Kita imbau untuk bisa berdialog atau berkolaborasi dengan negeri setempat, hotel, dan tempat wisata untuk bisa menyimpan tempat istirahat pengemudi, ” terangnya dalam acara Percakapan Publik “YUK SELAMAT BERSAMA”, Rabu (17/3).

Dia bilang, saat ini kesadaran untuk memberikan wahana tempat tidur yang enak bagi pengemudi bus masih rendah. Fenomena memprihatinkan itu sangat mudah ditemui pada berbagai kegiatan berwisata jarak jauh.

“Kalau kita berwisata ke Jogja sampai di Jogja kita nginep di hotel di drop oleh bisnya dalam hotel. Terus (pengemudi) bis nya ke mana tidurnya?. Ke alun-alun terus tidurnya di bagasi bis, ” bebernya. [azz]