Anies Baswedan Imbau Warga DKI Tidak Liburan ke Luar Kota pada Akhir Tahun 2020

Merdeka. com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warga menahan diri buat tidak liburan ke luar vila atau ke luar kota di dalam tutup tahun 2020. Hal ini untuk menekan laju penularan Covid-19 selama libur akhir tahun 2020.

“Perlu bagi kita khususnya para keluarga di Jakarta untuk menahan diri tidak melakukan kegiatan liburan ke luar rumah, terlebih keluar dari Jakarta, ” katanya melalui siaran pers, Senin (21/12).

Anies mengingatkan, keluarga berperan penting dalam memutus rantai penularan Covid-19 di DKI Jakarta. Apalagi, saat ini, klaster anak mencatat penambahan kasus Covid-19 tertinggi.

Data tanggal tujuh sampai 13 Desember 2020, ada 3. 821 kasus Covid-19 pada DKI Jakarta yang dikontribusi klaster keluarga.

“Jangan sampai liburan yang senangnya mungkin cuma sementara malah membuat orang-orang yang kita sayangi berisiko terpapar Covid-19 dan membuat mereka bahkan kita, terpisah karena harus menjalani isolasi ataupun dirawat karena Covid-19, ” pesan Anies.

Besar Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, serta Pengendalian Penduduk (DPPAPP) Provinsi DKI Jakarta, Tuty Kusumawati, menyarankan agar keluarga mencari alternatif kegiatan bervakansi di rumah saja ketimbang keluar rumah. Ada beberapa kegiatan dengan bisa mengisi waktu libur akhir tahun 2020 di rumah, yakni memasak bersama keluarga, mengikuti mati virtual atau menghadiri festival lembut budaya virtual.

“Perlu adanya hiburan pengganti berupa tontonan yang menarik bagi keluarga. Kalau boleh saran, yuk kita merintang semua pihak untuk menghadirkan pesta rakyat atau tur virtual yang dapat dinikmati seluruh anggota tim, bahkan di dalamnya (festival ataupun tur tersebut) kita bisa selipkan pesan-pesan untuk menjaga protokol kesehatan, sehingga hiburannya dapat pesannya juga dapat, ” pungkas Tuty. [eko]