Cerita Firli Bahuri Tidur Beralaskan Jas Hujan Saat Menjadi Bintara Petugas

Merdeka. com – Ketua Komite Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, menceritakan kenangannya saat ia menjadi bintara polisi 33 tahun lalu. Kisah itu terekam saat ia napak tilas awal masa bintaranya ke Polsek Cimahi, Jawa Barat. Firli mengungkapkan masa ketika menjadi bintara yang semua serba terbatas dan duka.

“Saya kembali flashback ke zaman saat saya berkorban dan berjuang sebagai bintara Polri. Zaman yang di mana zaman itu semua serba terbatas dan prihatin. Namun semangat pengabdian lestari menjadi yang utama bagi ana, ” ungkap Firli di Jawa Barat, Rabu (22/7).

Mantan Kabarhakam Polri itu morat-marit berkisah semasa bintara saat dirinya pergi ke aula Polres Cimahi yang kala itu bernama Polres Cibabat. Pada masa itu, balairung tersebut digunakan untuk tempat tidur 34 bintara Polri yang perdana bertugas di Polres Cimahi.

“Dulu kami tidur cuma beralasan jas hujan (poncol), secara bantal ransel. Saya juga ke ruang pemeriksaan reserse saat kami jadi anggota reserse tahun 1984 – 1987. Semuanya masih terekam jelas bahkan saya masih ingat Kapolres Cibabat waktu itu Letkol M Nurdin sekarang Anggota Komisi III DPR RI, ” tuturnya.

Mantan Kapolda NTB itu pun mampir ke Polres Cimahi (Polres Cibabat) untuk mengenang perjuangan jadi bintara polisi tahun 1984. Ia nostalgia bersama sahabat lamanya.

“Alhamdulillah ketemu dengan teman-teman bintara tahun 1984 diantaranya Kompol Saidina, Aiptu Euis, Kompol Maryadi, Aiptu Dede serta Aiptu Endin. Mereka sehat-sehat dan ini pertemuan pertama kali sesudah 33 tahun berpisah setelah kami masuk Akabri 1987, ” ungkapnya. [gil]