IDI: Hindari Keluar Rumah Jika Alamiah Gejala Flu Ringan

Merdeka. com – Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menganjurkan asosiasi agar menghindari aktivitas keluar vila jika mengalami gejala flu meski dalam intensitas ringan. Segera melakukan tes covid-19 bisa menjadi salah satu langkah lanjutan untuk mengetahui terpapar covid-19 atau tidak.

“Bagi orang yang mengalami petunjuk, seperti flu walaupun hanya mudah, janganlah meremehkan hal ini, ” terang Ketua Tim Pedoman & Protokol Kesehatan Tim Mitigasi PB IDI Eka Ginanjar seperti dikutip dari Liputan6. com, Kamis (15/10/2020).

“Hindari keluar rumah atau berkumpul, segera lakukan testing (tes COVID-19). Dalam banyak situasi, orang-orang masih sulit memercayai keberadaan COVID-19 saat ini. ” tambahnya.

Masyarakat pun sedang terlihat setengah hati menjalankan aturan kesehatan. Misal, memasang masker dalam bawah dagu, berkumpul tanpa mengenakan masker, jarang mencuci tangan, leler berganti pakaian setelah aktivitas dalam luar rumah.

“Saat ini, yang harus diwaspadai adalah orang yang terinfeksi COVID-19 namun tidak bergejala atau hanya bergejala ringan. Orang yang merasa sungguh-sungguh saja, padahal sebenarnya membawa virus ini, biasanya belum pernah mengabulkan tes COVID-19. Kemudian melakukan denyut di luar rumah dengan melalaikan protokol kesehatan. Lalu menularkannya di orang lain yang rentan. ” lanjut Eka.

Eka menambahkan meski bergejala ringan COVID-19, tapi virus yang menginfeksi awak bisa menimbulkan reaksi peradangan. Deteksi dini dengan tes COVID-19 menjelma upaya terbaik.

“Perlu diketahui, walaupun sebagian besar tanpa gejala atau gejala ringan, namun ketika menginfeksi tubuh (virus Corona) bisa menimbulkan reaksi badai peradangan yang berujung kondisi berat had kematian, ” tambahnya.

“Virus ini tidak bisa lelap pindah sendiri, melainkan manusialah yang membawanya ke mana-mana. Dan had vaksin COVID-19 yang aman terlihat, tidak ada pencegahan yang lebih baik selain protokol kesehatan. ”

“Bukan hanya buat keselamatan Anda sendiri juga karakter lain di sekitar Anda, orang-orang yang Anda sayangi, kerabat, saudara kerja, dan masyarakat secara umum, ” imbuh Eka.

Guna terhindar dari covid-19, tanpa lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan seperti selalu memakai kedok, menjaga jarak ketika beraktivitas, & mencuci tangan.

Sumber: Liputan6. com
Reporter: Fitri Haryanti Harsono [dzm]