‘Kiblat’ Politik Dhito Pramono

Merdeka. com – Salah satu nama yang juga mendapat sorotan publik pada Pilkada 2020 adalah Putra Penulis Kabinet Pramono Anung, Hanindhito Himawan Pramono. Dia telah resmi diusung PDI Perjuangan ( PDIP ) untuk maju di Pilkada Kabupaten Kediri.

Tak bisa dilepaskan bahwa karakter seseorang bisa dilihat dari kegemarannya membaca buku. Dhito, sebagaimana akrab ia disapa, ketika ditanya perkara buku favoritnya, menyebut buku-buku susunan Ibrahim Datuk Tan Malaka, pendorong pertama ide republik sebagaimana tertulis dalam karya masyhurnya ‘Na’ar de republiek’.

“Kalau kunci yang saya baca banyak, bertepatan favorit saya itu Tan Malaka kebetulan makam beliau di Kediri, ” kata Dhito dalam pembahasan virtual yang digelar DPP PDIP, Jumat (24/7/2020)

Dhito lalu mengutip satu pernyataan Tan Malaka yang melecut semangatnya dalam berpolitik.

“Bila rumpun muda yang belajar di sekolah menganggap dirinya terlalu tinggi & pintar untuk melebur dengan klub yang bekerja dan hanya memiliki cita cita yang sederhana maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali, ” sekapur Dhito mengutip pernyataan Tan Malaka.

“Artinya apa? Percuma seorang saya ini dibesarkan sebagai anak oleh seorang Pramono Anung atau saya ini mengenyam amben sekolah hingga lulus sebagai seorang sarjana, tetapi saya merasa bakir dan tidak mau turun ke masyarakat, ” sambung dia.

Kutipan Tan Malaka itulah yang menurut Dhito penting diimplementasikan bagi orang yang memiliki ilmu tinggi. Keprihadian seperti itu pula lah yang dilihatnya di PDIP yang kini resmi mencalonkannya.

“Ini yang saya mampu dari PDI Perjuangan bahwa kita harus turun ke bawah, Ibu Mega menyampaikan bahwa mendapatkan rekom itu satu hal, tetapi tersebut adalah awal dari perjuangan maka tidak boleh leha-leha harus mendarat ke bawah mendengarkan aspirasi & menyelesaikan dengan solusi, ” beber Dhito.

Dhito mau maju bersama Dewi Maria Ulfa di Pilkada Kabupaten Kediri. Dhito dan Dewi adalah perpaduan jarang PDIP dan PKB. Dewi tunggal adalah kader dari PKB. [ded]