KPU Minta Paslon 4 Cabup-Cawabup Tasikmalaya Perbanyak Kampanye Online

Merdeka. com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya, menyerukan kepada para pasangan calon (paslon) Calon Bupati (cabup) dan Calon Wakil Tumenggung (cawabup) Kabupaten Tasikmalaya agar menggandakan kampanye di pandemi Covid-19 secara online. Hal tersebut diungkapkan mengingat peraturan KPU saat ini persuasi tatap muka ditiadakan.

“Ada yang berbeda sekarang pada tahapan kampanye di masa pandemi yang akan dimulai pada tanggal 26 September 2020. Para paslon diminta memakai media kampanye daring selain baliho dan spanduk. Pada peraturan KPU sekarang sudah tak ada lagi kampanye tatap membuang, ” kata Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin, Kamis (24/9).

Di Kabupaten Tasikmalaya sendiri, terdapat empat paslon dengan bertarung memperebutkan kursi Bupati & Wakil Bupati. Keempat paslon tersebut, nomor urut 1 Azis Rizmaya Mahfud-Haris Sanjaya, nomor urut 2 Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin, nomor urut 3 Cep Zamzam Nur-Fadil Karsoma dan nomor urut 4 Iwan Saputra-Iip Miftahul Paos.

Zamzam mengatakan bahwa jika dalam prosesnya nanti para paslon tidak mematuhi protokol kesehatan, dipastikan akan langsung dikenakan sanksi. Keempat paslon, disebutnya sudah menandatangani koalisi integritas akan mematuhi tahapan Pilkada sesuai protokol kesehatan.

“Fakta integritas yang disepakati oleh keempat paslon ini bersifat tetap dan jika melanggar bisa disanksi tegas. Kita juga sebagai pemangku (KPU) tidak ingin ada klaster Pilkada di Tasikmalaya. Makanya semua harus tunduk dan taat di aturan protokol kesehatan yang sudah disepakati bersama, ” katanya.

KPU di daerah, disebutnya akan selalu memantau setiap bahan atau aturan baru yang dimungkinkan akan muncul dan disesuaikan secara kondisi perkembangan pendami Covid-19. Setiap informasi tersebut pun akan langsung disampaikan kepada setiap paslon serta tim pemenangannya. [gil]