Mangkir di Ruang Publik? Jaga Jarak 10 Meter

Lepas. com – Untuk menjaga stamina tubuh ditengah pandemi covid-19, tidak ada salahnya untuk tetap berolahraga. Lari mampu menjadi pilihan olahraga yang murah dan bisa membakar kalori lebih banyak.

Tapi dimasa pandemi ini, Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional, Reisa Broto Asmoro mengingatkan untuk selalu melestarikan jarak. Hal ini sebagai wujud pencegahan agar terhindar dari efek penularan Covid-19.

“Silakan saja berolahraga di tempat umum namun perhatikan beberapa hal berikut. Olahraga sebaiknya dilakukan tanpa berpindah tempat atau olahraga dilakukan secara posisi sejajar dan berjarak sedikitnya 2 meter dengan orang asing, ” imbau Reisa saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta .

Lebih lanjut Reisa menambahkan kalau jaga jarak yang aman buat olahraga lari adalah 10 meter. “Untuk olahraga jalan kaki, usahakan jaraknya kurang lebih 5 meter dengan orang di depannya, namun yang lari sebaiknya berjarak kurang lebih 10 meter dengan karakter di depannya, ” paparnya.

Selain itu, bagi orang yang bersepeda jaga jarak dengan aman kurang lebih 20 meter dengan orang di depannya.

Yang paling penting dan perlu diingat, setelah melakukan olahraga segera bersihkan diri dan barang bawaanmu. “Ingat untuk selalu segera basuh tangan, ganti pakaian, mandi. Bersihkan seluruh alat olahraga dan barang bawaan kita, seperti handphone, kacamata, tas, dan barang lainnya dengan cairan disinfektan, ” tutupnya.

Sumber: Liputan6. com

Reporter: Fitri Haryanti Harsono [ttm]