Masyarakat Sempat Cium Bau Bengis Sebelum Kilang Minyak Balongan Meledak

Merdeka. com – Warga dengan rumahnya berada di kira-kira kawasan kilang Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mencium bau sangat bengis seperti bahan bakar patra ( BBM ) dan bau itu tidak seperti biasanya.

“Sekitar jam 23. 00 WIB bau petrol sangat menyengat, bahkan kami sempat beberapa kali muntah, ” kata warga Arah Kesambi, Desa/Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu Yati di Indramayu, Senin (29/3).

Yati terpaksa mengungsi di Pendopo Kabupaten Indramayu, karena rumahnya sangat dekat secara kilang Pertamina Balongan yang terbakar dan meledak.

Dia mengatakan di hari Minggu (28/3) pusat malam warga sempat mencium bau yang sangat bengis dan itu tidak seperti hari-hari biasanya.

Kemudian, selang beberapa tanda, lanjut Yati, terdengar bahana ledakan yang sangat membengkil dan seketika warga tepat berhamburan melihat api sudah membumbung tinggi.

“Suaranya sangat keras, saya tidak bisa membayangkannya teristimewa, yang pasti trauma, ” tuturnya seperti dilansir lantaran Antara.

Sementara warga lain, Lusiati pula mengatakan hal yang persis, sebelum adanya ledakan dirinya mencium bau yang sangat menyengat, kemudian disusul suara ledakan.

Ia mengaku tidak sempat mengemasi pakaian untuk mengungsi, karena waktu itu sangat senewen, sebab api sudah naik tinggi. “Tidak sempat apa-apa, apalagi pada waktu perkara saya juga sedang menunggu suami pulang, ” tutupnya. [fik]