Mensos Risma Minta Ada Aturan Kesehatan di Sekolah

Merdeka. com – Menteri Sosial Tri Rismaharini menilai perlu banyak anju yang harus dilakukan pra kegiatan sekolah dibuka di semester kedua tahun tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menjamin anak-anak tidak terpapar virus corona saat kembali bersekolah belakang.

“Kita harus mempersiapkan seandainya mereka belajar supaya anak tetap bisa bersekolah dan beraktivitas namun mereka tidak terjangkit virus, ” kata Risma di dalam webinar Perlindungan Sosial dalam Respon Covid-19: Perlindungan & Layanan Sosial Inklusif, Jakarta , Selasa (23/3).

Tempat mencontohkan dalam penggunaan masker. Bukan hal yang tidak mungkin hanya karena masker yang digunakan temannya bertambah bagus dan lebih menjadikan mereka saling bertukar masker.

Hal-hal seperti ini kata Risma harus bisa diantisipasi. Maka protokol kesehatan di sekolah kudu disiapkan. Harus ada dengan menjamin selama anak muncul rumah, belajar mengajar had kembali ke rumah itu aman dari paparan Covid-19.

“Nah tersebut harus diantisipasi. Lalu dengan jalan apa protokolnya. Kondisi di madrasah, setelah pulang itu harus ada protokolnya, ” pinta Risma.

Kualitas gizi dan kesehatan anak harus jadi prioritas. Sebab anak-anak masih dalam periode pertumbuhan. Asupan makanan dengan bergizi ini menjadi kejadian yang juga penting untuk daya tahan tubuh anak-anak.

Selain tersebut, tenaga pengajar atau pengasuh dan orang-orang di dunia sekolah harus dipastikan tidak terpapar virus corona. Masa dirinya masih menjadi Walikota Surabaya , Risma mengaku sempat mau membuka kembali pelajaran tatap muka.

Selama masa persiapan, maka para guru pun dilakukan penjagaan tes Covid-19. Hasilnya menunjukkan, tidak sedikit guru yang ternyata positif terpapar virus corona. Setelah ditelusuri, ternyata masih banyak guru yang saling berbagai makanan & penyebaran virus pun tidak terhindarkan.

“Nah ternyata guru masih penuh yang berbagai makan bergandengan. Makanya ini harus serupa diantisipasi karena masa zaman transisi harus dijaga aturan kesehatannya, ” kata Risma. [eko]