Polisi Tangkap Komplotan Penipuan dan Penggelapan Motor di Sulut

Merdeka.com – Timsus Maleo Polda Sulawesi Utara (Sulut) menangkap tiga orang diduga komplotan pelaku spesialis penipuan dan penggelapan sepeda motor. Penangkapan dilakukan berdasarkan laporan polisi nomor LP/44/VII/2020/ Sektor Urban Wanea.

“Ketiga orang yang diamankan itu masing-masing MK, ML dan RT,” kata Katimsus Maleo Prevly Tampanguma seperti dilansir dari Antara, Senin (3/8).

Kronologis kejadian, pada Jumat (31/7) sekitar pukul 22.00 WITA di Kelurahan Tanjung Batu, Wanea Manado, pelapor Fiktor yang merupakan korban melakukan transaksi membeli kendaraan roda dua merek Honda Vario 125 cc warna biru.

Pada saat transaksi bersama pelaku di tempat tersebut, pelapor diarahkan oleh pelaku untuk untuk membayar kendaraan tersebut dalam lorong dan motor diparkir di depan rumah dekat dengan jalan raya.

Kemudian pelapor membayar kendaraan tersebut sebesar Rp. 5.950.000. Tetapi saat hendak mengambil kendaraan tersebut, kendaraan tersebut sudah hilang, dan pelaku sudah melarikan diri.

Terkait dengan kasus ini, Timsus Maleo dipimpin Iptu Fadhly melakukan penyelidikan. Setelah beberapa hari melakukan penyelidikan, timsus mengetahui keberadaan ketiga pelaku yang bersembunyi di sebuah rumah di perkebunan Desa Winangun atas.

Sehingga hari Minggu (2/8) Timsus langsung menuju lokasi tersebut dan melakukan penggerebekan dan penangkapan terhadap ketiga pelaku.

“Satu orang pelaku mencoba melarikan diri dari petugas, dengan berlari ke arah perkebunan di belakang rumah, namun setelah anggota memberikan tembakan peringatan ke arah atas sebanyak satu kali dan memerintahkan untuk berhenti, pelaku tersebut langsung berhenti dan menyerahkan diri tanpa ada perlawanan,” tutupnya. [fik]