Survei: 90 Persen Survivor Covid-19 Alami Efek Samping

Lepas. com – Sebuah penelitian berdasarkan survei dengan dilakukan di Korea Selatan menemukan, sembilan dari sepuluh pasien yang sembuh dari Covid-19 dilaporkan merasai berbagai efek samping, seperti kelelahan, dampak psikologis dan kehilangan indera penciuman dan perasa.

Riset itu dilakukan saat maut global akibat Covid-19 menembus nilai satu juta pada Selasa kemarin, yang menjadi tonggak sejarah samar-samar terkait pandemi. Pandemi telah melumpuhkan ekonomi global, membuat sistem kesehatan tubuh kewalahan dan mengubah cara tumbuh masyarakat.

Menurut survei daring terhadap 965 pasien sehat Covid-19, sebanyak 879 pasien atau 91, 1 persen mengaku bahwa mereka mengalami setidaknya satu hasil samping akibat penyakit tersebut, sirih pejabat Badan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Korea (KCDA), Kwon Jun-wook, saat konferensi pers. Demikian sesuai dikutip Reuters, Selasa (28/9).

Kelelahan menjadi efek samping yang paling umum dengan 26, 2 persen, kemudian diikuti oleh kesulitan berkonsentrasi dengan persentase 24, 6, kata Kwon.

Sementara itu, efek samping yang lain meliputi dampak psikologis atau moral dan hilangnya indera penciuman serta perasa.

Kim Shin-woo, profesor penyakit dalam di Fakultas Kedokteran Universitas Nasional Kyungpook pada Daegu, meminta tanggapan dari 5. 762 pasien sembuh di Korea Selatan dan 16, 7 komisi di antaranya berpartisipasi dalam survei tersebut.

Sementara riset saat ini dilakukan secara daring, kepala riset Kim akan cepat memublikasi riset beserta perinciannya, katanya.

Korea Selatan serupa sedang melakukan riset terpisah beriringan 16 organisasi medis mengenai potensi komplikasi penyakit melalui analisis uraian yang melibatkan CT scan di pasien sembuh tahun depan, introduksi Kwon.

Korsel mengadukan 38 infeksi baru pada Senin (28/9), hari ke lima kemajuan dua digit, sehingga menambah total kumulatif menjadi 23. 699 kasus Covid-19 dengan 407 kematian. [bal]