Tampak Klaster Rumah Dinas, Bupati Garut dan Pegawai Buru-buru Tes Swab Covid-19

Merdeka. com – Sesudah beberapa staf protokoler Sekretariat Daerah (Setda) Garut, positif terpapar Covid-19, Bupati Garut, Jawa Barat mengikuti keluarga langsung melakukan test Swab.

Upaya itu ditempuh, sebagai bentuk pencegahan dan penghentian penyebaran Covid-19 di lingkungan pendopo, rumah dinas bupati, termasuk pegawai di lingkungan Setda kabupaten Garut.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, munculnya klaster anyar di lingkungan rumah dinas diperoleh setelah tes swab para personel yang selama ini mendampingi tugas keseharian Bupati.

“Kemarin saya ke Selatan (Garut Selatan) didampingi protokol, ternyata mereka meyakinkan (Covid-19), tapi saya tidak kontak, ” ujarnya, Sabtu (24/10).

Hasilnya, ada sekitar 4 pegawai Subbidang Protokol Pemda Garut yang positif terkena Covid-19. “Hari ini semua pegawai protokol dan keluarga saya di-Swab Test, ” kata dia.

Di dalam kesempatan itu, Rudy menyinggung lonjakan kasus positif di lingkungan pesantren. Ia langsung menugaskan pelaksanaan tracing terhadap 1. 200 kontak erat yang berhubungan dengan para penderita.

“Termasuk sesepuh pesantrennya (tracing), masyarakat tidak pernah terang kalau kami sudah bekerja berlelah-lelah (antisipasi penyebaran Covid-19), ” ujar dia.

Reporter: Jayadi Supriadin

Sumber: Liputan6. com [ray]