Usai Diguncang Gempa Magnitudo 7, 0, Turki Diterjang Tsunami

Merdeka. com – Gempa magnitudo 7, 0 mengguncang di Izmir, Turki. Usai gempa , Tsunami kecil dilaporkan sudah terjadi di tanah air Serifihisar, bagian barat daya Izmir.

Informasi ini berputar luas di media sosial. Rakyat Turki tampak berlarian dari pantai yang terpantau surut. Warga pula terdengar berteriak-teriak saat air berangkat mengalir ke wilayah perumahan di kota yang berada di sembiran pantai itu.

Di dalam video-video yang beredar, tampak cairan mengalir deras menghanyutkan bangku-bangku.

Gempa berkekuatan magnitudo 7, 0 melanda Laut Aegea, Turki pada Jumat (30/10) sore periode setempat. Selain menyebabkan bangunan-bangunan hancur di daerah pesisir, gempa tersebit juga menewaskan sedikitnya empat karakter di Turki barat.

Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengumumkan jumlah korban tewas di Twitter, ketika orang-orang di dalam dan sekitar kota Izmir Turki berkumpul di jalan-jalan setelah melarikan diri dari gedung mereka untuk mencari keselamatan. Setidaknya 20 gedung hancur di Izmir akibat gempa, kata walikota kota itu kepada CNN Turk.

Tulisan menunjukkan sebuah mobil hancur pada bawah bangunan yang telah hancur, sementara tayangan TV menunjukkan orang-orang menggali melalui puing-puing, mencari orang yang selamat.

Zeki Soysal, seorang penduduk di daerah Izmir mengatakan, dia berhasil keluar dari gedung kantornya tepat pra gedung itu runtuh karena gempa. “Ada seorang wanita yang lebih tua di gedung itu namun kami menyelamatkannya, dia keluar. Ada gedung lain di dekat gedung ini. Mereka terus berusaha mengeluarkan orang-orang, ” katanya.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan, pusat gempa tersebut berkecukupan di 14 kilometer (8, tujuh mil) timur laut kota Néon Karlovásion di pulau Samos Yunani, pada pukul 1. 51 zaman Yunani.

Gempa itu terjadi pada kedalaman yang nisbi dangkal 10 kilometer, menurut USGS, membuat dampaknya sangat terasa dalam permukaan tanah di sekitar tengah gempa. Badan bencana Turki mencatat kedalaman pada 17 kilometer.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mentweet: “Semoga cepat sehat Ä°zmir. ”

“Dengan semua sarana negara kami, ana mendukung warga kami yang terkena dampak gempa. Kami mengambil kesibukan untuk memulai pekerjaan yang diperlukan di wilayah tersebut dengan seluruh lembaga dan menteri kami yang relevan, ” kata Erdogan.

Reporter: Tommy Kurnia
Sumber: Liputan6. com [fik]