Vaksinolog: Penting Bagi Ibu Hamil Menerima Vaksin Covid-19

Lepas. com – Pemerintah berencana melakukan vaksinasi Covid-19 setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan emergency use authorization (EUA) untuk penggunaan vaksin Sinovac. Saat ini, BPOM sedang menguji 568 botol atau vial vaksin Sinovac yang didatangkan sebab Tiongkok pada Minggu (6/12) untuk mengetahui tingkat efektivitas dan harga.

Vaksinolog sekaligus Sinse Spesialis Penyakit Dalam, Dirga Sakti Rambe, mengatakan ibu hamil merupakan salah satu kelompok yang perlu mendapatkan vaksin di tengah pandemi.

“Ibu hamil boleh bahkan sangat penting menerima vaksinasi, ” ujarnya melalui keterangan pers, Selasa (22/12).

Dirga menjelaskan, pada umumnya ibu hamil rentan terinfeksi penyakit, termasuk Covid-19. Bila ibu hamil terjangkit aib, tumbuh kembang janin akan terganggu.

Karena itu, vaksinasi sangat diperlukan untuk membentuk kekuatan tubuh sehingga bisa melawan virus yang masuk. Namun, ibu hamil tidak bisa mendapatkan vaksin tumbuh.

“Misalnya, vaksin MMR, vaksin Campak, vaksin Cacar Cairan, itu harus ditunda hingga kehamilannya selesai, ” sambungnya.

Selain ibu hamil, orang sendat usia atau lansia juga menetapkan mendapatkan vaksin. Lansia, kata Dirga, mengalami penurunan sistem imunitas kelanjutan proses penuaan.

“Oleh karena itu, lansia termasuk kaum yang sangat rentan untuk mengalami penyakit infeksi sehingga ada kaum rekomendasi khusus vaksinasi pada lansia. Misalkan vaksin Pneumonia untuk menghalangi radang paru yang dapat menyambut bagi lansia, vaksin Influenza serupa penting diberikan untuk lansia karena pada lansia penyakit Influenza mampu berkomplikasi menjadi radang paru yang berat, vaksin Herpes Zoster atau Cacar Ular, itu juga direkomendasikan untuk lansia, ” tutupnya. [eko]